Minggu, 19 Juni 2011

Shortcut keyboard pada Photoshop

Shortcut keyboard pada Photoshop
Download photoshop cs3
Ini adalah hasil dari photoshop Cs3

Photoshop adalah program pengolah gambar yang paling populer di seluruh dunia,
tersedia pada 2 sistem operasi yang paling banyak digunakan pula yaitu windows dan mac. Bagi
mereka yang mengaku seorang desain grafis atau fotografer pasti punya program ini, tetapi
tahukah Anda bahwa selain memiliki keunggulan dalam mengolah foto, di photoshop disediakan
berbagai macam shortcut yang dapat memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan.
Sebagai contoh ketika Anda mau memotong gambar maka tahap yang harus anda
lakukan adalah memilih tool “rectangular marquee tool”, kemudian menyeleksinya dan memilih
menu “image > crop”, jika anda memakai shortcut keyboard, untuk memilih “rectangular
marquee tool” cukup menekan keyboard “m”, kemudian pilih area yang mau di crop, selanjutnya
tekan secara bertahap pada keyboard “alt + I + p”, maka crop Anda sudah jadi. Contoh nyata
lainnya adalah ketika Anda harus menggunakan berbagai macam tool, jika tanpa shortcut bisa
jadi Anda akan direpotkan karena tidak focus pada objek yang anda kerjakan, namun dengan
adanya bantuan shortcut mudah-mudahan dapat meringankan pekerjaan Anda.
Secara Default Photoshop memberikan shortcut seperti pada table-tabel dibawah, namun
jika Anda mau mengubahnya bisa saja, pilih menu edit > keyboard shortcuts.
Untuk cs2 bisa di Download di sini = cs4 di sini cs5 di sini

Short Cut Pada Tool
Tools ShortCut
Rectangular Marquee Tool M
Move Tool V
Lasso Tool L
Magic Wand Tool W
Crop Tool C
Slice Tool K
Healing Brush Tool J
Brush Tool B
Clone Stamp Tool Y
History Brush Tool Y
Eraser Tool E
Gradient Tool G
Blur Tool R
Dodge Tool O
Path Selection Tool A
Horizontal Type Tool T
Pen Tool P
Custom Shape Tool U
Notes Tool N
Eyedropper Tool I
Hand Tool H
Zoom Tool Z
Quick Mask Mode Q

Short Cut Pada Menu File
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
Membuat Dokumen Baru Ctrl + N
Membuka Dokumen Ctrl + O
Browse Shift + Ctrl + O
Open As Alt + Ctrl + O
Mengedit di Image Ready Shift + Ctrl + M
Menutup Dokumen Ctrl +W
Menutup Semua Dokumen Alt + Ctrl +W
Menyimpan Dokumen Ctrl + S

Menyimpan Semua Dokumen Shift + Ctrl + SSave For Web Alt + Shift + Ctrl + SFile Info Alt + Ctrl + IPage Setup Shift + Ctrl + PPrint dengan Preview Alt + Ctrl + PPrint tanpa Preview Ctrl + PPrint One Copy Alt + Shift + Ctrl + PKeluar dari Photoshop Ctrl + QShort Cut Pada Menu EditAksi yang dilakukan Tombol yang DitekanUndo Ctrl + ZStep Forward Shift + Ctrl + ZStep Backward Alt + Ctrl + ZFade Shift + Ctrl + FCut Ctrl + XCopy Ctrl + CCopy Merged Shift + Ctrl + CPaste Ctrl + VFill Shift + F5Free Transform Ctrl + TShort Cut Pada Menu ImageAksi yang dilakukan Tombol yang DitekanMengubah Level Ctrl + LAuto Level Shift + Ctrl + LAuto Contrast Alt + Shift + Ctrl + LAuto Color Shift + Ctrl + B
Mengubah Curve Ctrl + MControl Balance Ctrl + BMengubah Hue Ctrl + UDesaturate Shift + Ctrl + UInvert Ctrl + I
Short Cut Pada Menu Layer
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
Membuat Layer Baru Ctrl + Shift + N
Mengcopy Layer Ctrl + J
Membuat Clipping Mask Ctrl + G
Release Clipping Mask Shift + Ctrl + G
Menggabung Layer ( Merge Layer ) Ctrl + E
Merge Visible Shift + Ctrl + E
Mengubah Hue Ctrl + U
Desaturate Shift + Ctrl + U
Invert Ctrl + I
Short Cut Pada Menu Select
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
Seleksi Semua ( Select All) Ctrl + A
Deselect Ctrl + D
Reselect Shift + Ctrl + D
Inverse Shift + Ctrl + I
Feather Alt + Ctrl + D
Short Cut Pada Menu Filter
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
Last Filter ( filter yang terakhir dipakai) Ctrl + F
Liquify Shift + Ctrl + X
Membuat Pattern (Patern Maker) Alt + Shift + Ctrl + X
Extract Alt + Ctrl + X
Short Cut Pada Menu View
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
Proof Color Ctrl + Y
GamutWarning Shift + Ctrl + Y
Zoom In Ctrl + (++)
Zoom Out Ctrl + (--)
Fit On Screen Ctrl + 0
Actual Pixel Alt+ Ctrl + 0
Extras Ctrl + H
Penggaris ( Ruler ) Ctrl + R
Snap Shift + Ctrl + ;
Lock guides Alt + Ctrl + ;
Short Cut Pada MenuWindows & Help
Aksi yang dilakukan Tombol yang Ditekan
MenampilkanWindow Bantuan (Help) F1
MenampilkanWindow Action Alt + F9
MenampilkanWindow Brush F5
MenampilkanWindow Color F6
MenampilkanWindow Info F8
MenampilkanWindow Layer F7
Extras Ctrl + H
Penggaris ( Ruler ) Ctrl + R
Snap Shift + Ctrl + ;
Lock guides Alt + Ctrl + ;
Semoga bermanfaat.

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan
alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data
supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi
panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan
matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca
kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan
komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke
dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting
dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan
tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh
motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat
pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan
dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.



Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geseryang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitungtransaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacuskehilangan popularitasnya.Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642,Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut
sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak.

 Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi
untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan
berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)
memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya,
alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat
menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles
Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.
Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam
kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles
Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin
mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama
berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu
langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin
mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan
perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan
menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi
 serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh
tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang
pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842)
memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari
pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada
publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat
instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang
pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa
pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila
dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen
dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari
sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi
(berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan
penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya
populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.


Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh
alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan
menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain
memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan
data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian
mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating
Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924)
setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs
juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh
kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-
1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap
rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan
poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan
Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit
elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner
aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk
terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.
Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk
mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.


Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk
memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu
mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan
merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan
kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang
berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard
H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi
kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola
kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence
Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan
lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi
tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer
(ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard
H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi
kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola
kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence
Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyalelektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi denganlambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasitidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar danpersamaan yang lebih kompleks.Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer(ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of

Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer
tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980),
ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih
cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of
Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang
masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik
program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan
kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit
pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang
dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil
mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan
Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara
spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda
yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya.
 Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada
masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.






KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik
berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang
lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer
ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal
dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence
Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk
menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang
sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem
operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer
generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga
yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur
pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,
kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan
seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan
dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan
panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu
kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan
tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip
tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen
dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan
berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen
elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah
chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal.
 Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada
tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti
microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer
biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke
masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
 Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di
rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja
(desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan
komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara
saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita
kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer
tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi
memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang
lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama
elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi
sangat besar.
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya
Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan
dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL
dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan
visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan
pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan
paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan
dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa
keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Hack Game Comand & concuer

Hack Game Comand & concuer
Pernah dengar game Comand & concuer? klo belum coba kunjungi url ini http://www.commandandconquer.com/portal/site/cnc/cncgenerals/ Mungkin saya sedikit jelaskan game ini adalah game battle atau perang antar Negara adi kuasa misalnya: China, Gla, Usa, Skrimish nah tau dah yang jelas Ada China dan Amerika (USA). Pertama kita Memainkan game ini dengan meng-klik2x generals.exe lalu pilih Multi player(untuk bermain bersama di-LAN) dan Solo play (Untuk bermain sendiri), lalu pilih Negara yang akan kita gunakan missal kita gunakan USA,lalu kita pilih setting untuk level gamenya misal Normal dulu aja… masuk ke dalam game…..
Lihat seting uangnya…$14325 Buat beli-beli tentara,tank, bkin barak duh2..cepet habis nih..keburu di serang kalah oh tidak…(ulangi aja deh gamenya tapi dengan uang yang lebih banyak biar bisa mempersiapkan tak-tik yang jitu untuk penyerbuah hehehe…) Kembali ke folder game Comand & concuer lalu cari bagian \Data\INI cari yang namanya GameData.ini buka cari bagian DefaultStartingCash

 Nah setelah itu ubah bagian ini dari 10000 menjadi DefaultStartingCash = 100000 next lanjutkan mainkan gamenya kilik generals.exe pilih skirmish.













Lalu lihat uangnya wew jadi 100000 kan? Sekarang jd lebih seru kalo uangnya banyak bisa beli ini- itu, bikin ini bikin itu (bikin anak kale hehehe.. )
Salam untuk para Gamer’s sejati..

Web Service Interoperability2

Web Service Interoperability2
Isu besar yang selalu dihadapi
berbagai aplikasi bisnis
adalah Interoperability atau
kemampuan untuk beroperasi dengan
aplikasi yang lain. Interoperatibility diperlukan
untuk menunjang bisnis supaya lebih
lancar dan mengurangi biaya dengan
memaksimalkan aplikasi yang telah ada.
Ketika sebuah perusahaan memiliki
berbagai macam aplikasi bisnis yang notabene
dibuat dengan bahasa pemrograman
dan platform yang berbedabeda,
timbul
berbagai masalah diantaranya: bagaimana
aplikasiaplikasi
tersebut dapat berkomunikasi
dan bertukar data. Integrasi aplikasi
biasanya dilakukan dengan cara kasus demi
kasus seperti dengan file transfer, data
parsing, message queuing, atau API. Tidak
ada standar umum
yang membuat
dua aplikasi bisa
saling berkomunik
a s i d e n g a n
platform, model
komponen dan
bahasa pemrograman
yang berbedabeda.
Masalah diatas
dapat diatasi
dengan munculnya
Web Services.
Standar web
services mempermemperbolehkan
client


[Ilustrasi] Aplikasiaplikasi
bisnis yang mulai terhubung dengan Web Service baik
di dalam maupun di luar firewall tapi masih menemui kendala dalam hal interoperasi
dimana vendor dan enduser
dari masingmasing
titik mengimplementasikan
web services berbedabeda
dan kemungkinan tidak kompatibel
dengan yang lainnya




[Ilustrasi] Aplikasiaplikasi
bisnis yang belum saling berinteroperasi
dimana
sebagian besar jalur komunikasi antar system terblokir dan sistem sulit dihubungkan
karena antar titik aplikasi dibangun terpisah menggunakan platform berbeda
dan server berkomunikasi
melalui
HTTP dengan
platform atau
bahasa pemrograman
yang berbeda.
Web services
menjanjikan
interoperasi antar
aplikasi menggunakan
sekumpulan
spesifikasi
open standard
yang terdiri atas
HTTP, XML, SOAP,
WSDL dan UDDI.
Realitanya kombinasi
dari spesifikasi
ini meninggalkan
beberapa hal
yang belum terdefinisi atau hanya menjadi
opsi yang tidak harus diikuti bagi implementator.
Hal ini menyebabkan inkompatibilitas
antar implementasi web service
yang berbedabeda
dan timbul beberapa
isu interoperability.
Masalah interoperatibility yang timbul
bermacammacam
dan biasanya memerlukan
biaya dan waktu yang tidak sedikit
untuk mengidentifikasinya.
Kegagalan dari "web service interoperability"
melatarbelakangi terbentuknya
Web Services Interoperability Organization
(WSI)
yang bertugas menangani masalah
tersebut. Organisasi ini membuat spesifikasi
bagaimana HTTP, XML, WSDL, SOAP,
dan UDDI harus digunakan oleh web service

TIPS & TRICKS

TIPS & TRICKS
 




Produk eBdesk
•Logo. Untuk mengganti logo memang cukup
mudah, yaitu dengan mengakses halaman
Personalization > Display > Emblem. Tapi
bagaimana jika logo tersebut malah mengganggu
pemandangan Anda dalam berinteraksi
menggunakan eBdesk Portal? Anda
cukup mengganti logo tersebut dengan sebuah
(transparent) blank image.
•Custom Channel (R2). Jika Anda seorang
admin, bagaimana mengaktifkan custom
channel di Frontpage? Silakan akses halaman
Administration > AccessRight
> Report
and Graph.
•Channel/Tab Title. Anda ingin mengganti
kata “Frontpage”, “Mail”, dll dengan katakata
yang mudah diingat? Anda dapat melakukannya
di Personalization > Page >
Content. Masukkan katakata
tersebut pada
Custom Name dan jangan lupa untuk menekan
tombol Apply.
•Mail Signature (R2). eBdesk Webmail Client
menyediakan 10 signature yang dapat
digunakan. Anda dapat mengesetnya di
MyDesk > Mail > Settings. Pada opsi
Personalization, pilih Signature.

eBdesk

    eBdesk
 eBdesk berdiri tahun 1998, awal dari dimulainya bisnis Internet. Bermula dengan pengembangan produk corporate
portal, saat ini eBdesk berkembang menjadi perusahaan business enabler dengan produkproduk,
solusisolusi
dan
layananlayanannya.
Merosotnya bisnis global dan jatuhnya bisnis dotcom dalam tahun pertama berdiri memang
merupakan pukulan telak dan sangat berat, tetapi eBdesk tidak hanya mampu bertahan namun juga makin melejit
dari hari ke hari.
Organisasi eBdesk terdiri atas eBdesk Ltd sebagai holding company, terbagi menjadi Product & Technology,
International Operation, and Solutions & Services. Organisasi tersebut mencerminkan visi, misi, dan strategi kami
untuk membangun produk, menyediakan solusi dan layanan untuk pasar internasional. Mei 2005, jumlah konsumen
telah mencapai lebih dari 100 di penjuru dunia, kebanyakan adalah perusahaan besar dengan lebih dari 10.000
karyawan.
eBdesk bekerja sama dengan mitra dalam bidang marketing, implementasi, pembangunan solusi, sebagai bagian dari
program kemitraan internasional. Hal ini juga mencakup persetujuan distribusi, bundle produk, pengembangan
bersama, atau joint venture untuk membentuk sebuah perusahaan baru.
www.ebdesk.com
eBdesk Technology Jl. Raden Patah No. 21 Bandung Indonesia 40132 Tlp. 0222502423
Fax. 0222533792
Vera Firmansyah, Senior EngineerET
Ada 4 tipe paket utama produk eBdesk, antara lain:
• eBdesk eXpander Corporate Portal
Paket aplikasi ini terdiri atas dua bagian besar:
Platform.
Basis dasar dari aplikasiaplikasi
addon
yang berjalan di
atasnya.
Collaboration.
Aplikasiaplikasi
addon
untuk kolaborasi seperti mail,
calendar, forum, news, dsb.
• eBdesk eXpedition Workflow
User dapat mendesain, mensimulasikan, menerapkan, memantau, dan
mengelola workflow banyak proses bisnis berbeda.
• eBdesk eNcyclo Document Management
Mengorganisir semua tipe dokumen, mulai dari pembuatan, persetujuan,
pengarsipan, sampai distribusi.
• eBdesk eXpert Knowledge Management
Memelihara siklus data, informasi, pengetahuan. Memiliki taksonomi,
spider, ahli, dan pembentukan komunitas.
             

Immune OR Cure?

Immune OR Cure?
Sebaiknya pakai AntiVirus
yang mana?
Jika Anda adalah seorang administrator yang
bertanggung jawab terhadap server dan workstation
bahkan jaringan, maka AntiVirus
merupakan
salah software yang wajib diinstall
terlebih
jika menggunakan sistem operasi MS Windows.
Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui
sebelum memutuskan AntiVirus
apa yang
sebaiknya Anda gunakan.
Ada beberapa metode umum yang digunakan
oleh program antivirus
untuk mendeteksi
keberadaan virus, antara lain:
•Heuristical algorithm. Berbasis perilaku
umum virus. Memiliki kemampuan potensial
untuk mendeteksi virus yang tidak terdeteksi
oleh perusahaan antivirus.
•Signature Definition List. Metode yang
umum digunakan, akan tetapi memiliki kelemahan
yaitu hanya dapat mengatasi virus yang
telah diketahui. Mengandalkan update/patch dari
data antivirus
berkala termasuk untuk security
hole yang dimiliki program antivirus
itu sendiri.
Sebagai bahan pertimbangan utama, pilihlah antivirus
yang menyediakan update data virus berkala
dengan cepat, terlebih yang menggunakan
metode Heuristic Algorithm!

Interoperable WSDL...

Interoperable WSDL...
Nilai lebih WSDL adalah mudah dibaca oleh mesin dan manusia
karena ditulis dalam bentuk XML. Beberapa development
tools dapat membuat dokumen WSDL yang digenerate
langsung dari kode Anda atau sebaliknya.
Jika seorang pengembang hendak membuat WSDL (Web
Service Description Language) yang interoperable, maka
pengembang tersebut perlu membuat WSDL yang sesuai
dengan Basic Profile yang dikeluarkan oleh WSI
(Web Service
Interoperability Organization http://
www.wsi.
org). Web
Services Basic Profile 1.0 merepresentasikan deskripsi
terpublikasi tentang standar dan teknologi serta petunjuk
dalam implementasi untuk beberapa spesifikasi web service
yang utama: XML 1.0, XML Schema 1.0, SOAP 1.1, WSDL 1.1
dan UDDI 2.0. Petunjuk ini terdiri atas sekumpulan kebutuhan
yang mendefinisikan bagaimana spesifikasi tersebut
harus dipakai untuk membangun web service yang interoperable.
Dokumen spesifikasi ini dapat diperoleh di http://
www.wsi.
org/Profiles/BasicProfile1.0.
html.
Salah satu cara membuat WSDL adalah dengan menuliskan
kodekode
untuk WSDL tersebut dari awal. Kemudian memverifikasi
kebenarannya dengan menggunakan tool dari WSI.
Menuliskan kode WSDL dari awal memang memakan waktu
dan rentan terhadap error sehingga alternatif untuk mengenerate
WSDL secara otomatis dengan menggunakan platform
tertentu dapat menjadi pilihan. Kemudian jika diperlukan,
WSDL hasil pembangkitan tersebut dapat dimodifikasi
untuk menghilangkan pengaruhpengaruh
platform tertentu.
Template berikut ini merupakan template yang memenuhi
Basic Profile dari WSI
dan dapat digunakan untuk menulis
kode WSDL dari dasar. Memang lebih lama untuk menghasilkan
WSDLnya
tapi akan memastikan bahwa kita mengerti
apa yang dispesifikasikan dan menghasilkan produk yang
bersih.
Lihat contoh WSDL yang memiliki sebuah operasi respon
terhadap request dan sebuah operasi oneway
(satu arah).
Skema contoh mendefinisikan dua buah tipe dan 2 buah
elemen yang terkait yaitu ‘dokumen’ untuk dibawa dalam
pesan SOAP. Bagian yang ditebalkan harus diubah agar sesuai
dengan kebutuhan masingmasing
pengembang sedangkan
bagian XML yang tidak ditebalkan dapat dituliskan begitu
saja sebagai bagian dari WSDL.
Untuk mengkonversi template WSDL ini menjadi WSDL Anda,
lakukan langkahlangkah
berikut:
•Ganti semua instan dari string ‘WebService1’ dengan nama
web service Anda. Contoh: Bila nama web service Anda
bernama ‘Payroll’ maka ‘WebService1PortType’ diubah
menjadi ‘PayrollPortType’
•Ganti semua instan dari URL "http:/www.example.com"
dengan namespace dari web service Anda.
•Buat skemaskema
XML yang mendefinisikan tipe kompleks
global untuk tiap dokumen XML yang diperlukan untuk aksi
send dan receive. Anda juga perlu mendefinisikan sebuah
elemen global yang berbeda untuk tiap operasi yang
mengandung tipe dari skema XML Anda.
•Untuk tiap dokumen XML, ciptakan sebuah tag
‘wsdl:message’ dengan atribut ‘name=’ diset ke ‘Message
YourElementNameHere’ dan atribut ‘element=’ ke sebuah
name yang mengacu pada elemen skema XML dari skema
Anda.
•Pada tag "wsdl:portType" includekan
operasioperasi
yang
diperlukan web service Anda, menjadi responrequest
mereka atau satu arah (oneway).
Ubah nama operasi responrequest
dengan mengikuti dokumen input dan outputnya.
Contohnya ‘requestResponseOperationInDocOutDoc’. Untuk
operasi satuarah,
ganti namanya menjadi
‘oneWayOperationInDoc’.
•Modifikasi elemen ‘wsdl:binding’ untuk menampung sebuah
operasi untuk tiap operasi yang didefinisikan dalam
‘portType’ di atas, modifikasi soapActions agar sesuai dengan
kebutuhan dan kondisi Anda.
•Modifikasi elemen ‘wsdl:service’ untuk menginclude
sebuah
URL yang sesuai untuk platform Anda.
Validasi Web Service Yang Interoperable
Membuat WSDL yang sesuai dengan Basic Profile dari WSI
sayangnya tidak menjamin baik kemungkinan implementasinya
maupun kemampuan interoperasinya. Sebuah dokumen
WSDL adalah spesifikasi. Platform mungkin tidak
mendukung semua fitur yang dispesifikasikan dalam WSDL,
atau salah mengimplementasikan fiturfitur
tersebut sehingga
menimbulkan kegagalan saat runtime.
Langkahlangkah
berikut ini akan membantu dalam mengecek
apakah WSDL dapat diimplementasikan dan menghasilkan
web service yang interoperable:
•Gunakan dokumen WSDL Anda untuk membuat sebuah web
service uji pada platform pilihan Anda. Tempatkan kode uji
pada tiap metode web service sehingga mencakup seluruh
elemen dalam dokumen XML yang dikirim keluar oleh web
service.
•Buat sebuah klien untuk web service Anda. Buat kode uji
untuk mencoba seluruh metode dari web service tersebut,
dengan perhatian khusus untuk memastikan cakupan penuh
terhadap semua elemen dalam dokumen XML yang dikirimkan
keluar. Cobakan kode uji tersebut untuk memverifikasi bahwa
web service Anda berfungsi pada platform yang dipilih.
•Kemudian buat klien uji pada platform lain untuk menguji
interoperabilitas. SARAN: Setidaknya pengujian dilakukan pada
platform .NET dan sebuah platform J2EE. Panggil web service
dari langkah 1 (awal).
•Kemudian buat web service pada setiap platform dengan
menggunakan WSDL dari web service yang diciptakan pada
langkah 1. Lakukan pengujian pengujian clientservice
terhadap
berbagai web service dan klien di berbagai platformplatform
Lihat code di bawah

<?xml version="1.0" encoding="utf8"?>
<wsdl:definitions targetNamespace="http:/www.example.com"
xmlns:tns="http:/www.example.com"
xmlns:wsdl="http://schemas.xmlsoap.org/wsdl/"
xmlns:soap="http://schemas.xmlsoap.org/wsdl/soap/">
<wsdl:types xmlns:xsd="http://www.w3.org/2001/XMLSchema" >
<xsd:schema elementFormDefault="qualified"
http:/www.example.com targetNamespace=" ">
<xsd:element name="aFoo" type="tns:fooType"/>
<xsd:complexType name="fooType">
<xsd:sequence>
<xsd:element name="head" type="xsd:int"/>
<xsd:element name="tail" type="xsd:int"/>
</xsd:sequence>
</xsd:complexType>
<xsd:element name="aBar" type="tns:barType"/>
<xsd:complexType name="barType">
<xsd:sequence>
<xsd:element name="pebbles" type="xsd:int"/>
<xsd:element name="rocks" type="xsd:int"/>
</xsd:sequence>
</xsd:complexType>
</xsd:schema>
</wsdl:types>
<wsdl:message name="MessageFoo">
<wsdl:part name="document" element="tns:aFoo"/>
</wsdl:message>
<wsdl:message name="MessageBar">
<wsdl:part name="document" element="tns:aBar"/>
</wsdl:message>
<wsdl:portType name="WebService1PortType">
<wsdl:operation name="requestResponseOperationFooBar">
<wsdl:input message="tns:MessageFoo"/>
<wsdl:output message="tns:MessageBar"/>
</wsdl:operation>
<wsdl:operation name="oneWayOperationFoo">
<wsdl:input message="tns:MessageFoo"/>
</wsdl:operation>
</wsdl:portType>
<wsdl:binding name="WebService1Soap"
type="tns:WebService1PortType"
xmlns:http="http://schemas.xmlsoap.org/wsdl/http/"
xmlns:soapenc="http://schemas.xmlsoap.org/soap/encoding/"
xmlns:mime="http://schemas.xmlsoap.org/wsdl/mime/">
<soap:binding transport="http://schemas.xmlsoap.org/soap/http"
style="document"/>
<wsdl:operation name="requestResponseOperationFooBar">
<soap:operation
soapAction="http:/www.example.com/requestResponseMessage"
style="document"/>
<wsdl:input>
<soap:body use="literal"/>
</wsdl:input>
<wsdl:output>
<soap:body use="literal"/>
</wsdl:output>
</wsdl:operation>
<wsdl:operation name="oneWayOperationFoo">
<soap:operation
soapAction="http:/www.example.com/oneWayMessage"
style="document"/>
<wsdl:input>
<soap:body use="literal"/>
</wsdl:input>
</wsdl:operation>
</wsdl:binding>
<wsdl:service name="WebService1">
<wsdl:port name="WebService1Soap" binding="tns:WebService1Soap">
<soap:address
location="http://localhost/WebApplication1/WebService1.asmx"/>
</wsdl:port>
</wsdl:service>
</wsdl:definitions>

•Kemudian publikasikan WSDL tersebut dan implementasikan
kode web service yang sesungguhnya beserta kliennya.
Langkahlangkah
ini mungkin saja di kemudian hari tidak
akan mencakup isu tertentu yang mungkin mengakibatkan
Anda untuk kembali mengubah WSDL tersebut. Namun
langkahlangkah
tersebut merupakan syarat cukup untuk
memvalidasi WSDL yang dikembangkan, dengan mengacu
pada Basic Profile dari WSI,
untuk mencapai tingkat
interoperabilitas tertentu.

Tips Pemrograman PHP

Tips Pemrograman PHP
•[PHP] Pada dasarnya, PHP tidak mengubah nama
variabel yang dipassing
ke sebuah script kecuali
variabel yang mengandung titik (.) yang secara
otomatis akan dikonversi menjadi underscore (_).
•[PHP] Untuk menghindari masalah khususnya
mengenai default setting php yang berbeda,
sebaiknya seorang developer menggunakan fitur
yang memiliki backward compatibility cukup tinggi
seperti $HTTP_GET_VARS untuk mengakses
variabel form HTML dengan metode GET walaupun
hal ini dapat dinonaktifkan
dengan mengeset
directive register_long_arrays dengan nilai Off
(PHP 5.0.0).
•[PHP] Anda dapat mengecek nilai dari konfigurasi/
setting PHP (php.ini) menggunakan fungsi ini_get
(string namavar). Anda juga dapat mengeset nilai
dari sebuah directive menggunakan ini_set(string
namavar, string nilaibaru).
•[PHP] Anda dapat mengecek keberadaan sebuah
file menggunakan fungsi file_exists(string namafile).
•[PHP] PHP menyediakan fungsi file(string namafile)
untuk mempermudah pembacaan sebuah file
dan menampungnya dalam sebuah array yang setiap
elemennya berisi setiap baris file (masih
mengandung karakter newline). Atau gunakan
file_get_contents(string namafile) jika isi file yang
dibaca hendak ditampung dalam sebuah string.
•[PHP] Anda juga dapat menggunakan fungsi
fopen() untuk membaca dokumen remote dengan
memasukkan URL (HTTP, FTP) sebagai masukan
nama file jika directive allow_url_fopen bernilai
On.
•[PHP] Anda dapat mengganti/mengeset nilai
directive error_reporting pada saat runtime
menggunakan fungsi error_reporting([int level]).

Spektakuler

                          Spektakuler


  Yahh begitulah Alam, manusia sangat memerlukan alam semesta yang sangat indah
dan kini, semua telah ada.
Anda ingin mengunjungi tempat ini silahkan anda pergi ke
Cibodas Cipanas Cianjur Untuk Lebih lengkapnya DISINI                                                            

Pengertian dan Perbedaan Virus, Worm, Trojan, Backdoor dan Phishing

Pengertiandan Perbedaan Virus, Worm, Trojan, Backdoor dan Phishing

                                                       

Sejak setiap komputer terhubung dengan Internet, program-program perusak menyebar dengan cepat. Selain itu, muncul tipe-tipe baru yang belum pernah ada sebelumnya. Batas-batasnya juga sering tidak jelas. Ada program perusak yang sekaligus merupakan virus, worm, dan trojan.
Definisi klasik Pengertian dan Perbedaan antara Virus, Worm, Trojan, Backdoor dan Phishing adalah sebagai berikut :
Virus
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
Virus komputer menyebar di dalam komputer dan menjadi aktif ketika sebuah program dijalankan atau komputer diboot. Virus hanya dapat pindah dari satu komputer ke lainnya melalui media seperti disket, CD, atau attachment e-mail. Kebanyakan virus mendeaktivasi fungsi-fungsi penting atau menghapus data.
Worm
Berbeda dengan virus, WORM menyebar secara mandiri melalui jaringan/LAN ataupun Internet. Untuk itu, ia menggunakan alamat-alamat dalam address book program e-mail, atau memanfaatkan celah keamanan Windows. Ia berisi program perusak yang berperilaku seperti virus.
Trojan 

 

Program ini menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi tanpa diketahui menimbulkan kerugian. Sasaran: Data-data sensitif seperti nomor kartu kredit atau kode akses untuk online banking. Data-data tersebut dikirimkan ke programmer trojan.
Backdoor
Bagian dari trojan yang membuka “pintu belakang” pada PC sebagai akses untuk hacker. Sebagian hacker bahkan berhasil mendapatkan kendali penuh atas PC dengan menggunakan backdoor ini.
Phishing
Melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli, pengguna diminta memberikan data sensitif seperti kode akses rekening bank. Hati-hatilah, karena bank dan lembaga lainnya tidak pernah meminta data penting semacam itu melalui e-mail. Saat menggunakan online banking, pastikan alamatnya sama persis dengan yang biasa Anda gunakan.
Note : Virus dan varian di atas hanya beberapa dari sekian banyak aplikasi sejenis yang Bownloa:AVAST Terbaru Di Sini sebutkan dari sistem kerja dan penyebarannya.

 

Pengertian dan Perbedaan : HSPA, HSPA+, HSDPA, HSUPA, UMTS dan EV-DO

Pengertiandan Perbedaan : HSPA, HSPA+, HSDPA, HSUPA, UMTS dan EV-DO
High-Speed Packet Access (HSPA)

(HSPA) High-Speed Packet Access (Akses Paket Kecepatan Tinggi) adalah koleksi protokol telepon genggam dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA), High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA), dan High Speed Packet Access+ (HSPA+) adalah bagian dari keluarga High-Speed Packet Access (HSPA).
HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EV-DO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000.
Jaringan HSPA sebagian besar tersebar pada spektrum 1900 MHz dan 2100 MHz namun beberapa berjalan pada 850 MHz. Spektrum yang lebih besar digunakan karena operator dapat menjangkau area yang lebih luas serta kemampuannya untuk refarming dan realokasi spektrum UHF.
HSPA menyediakan kecepatan transmisi data yang berbeda dalam arus data turun (downlink) dan dalam arus naik (uplink), terkait standar pengembangan yang dilakukan Third Generation Partnership Project (3GPP). Perkembangan lanjutan HSPA dapat semakin memudahkan akses ke dunia maya karena sarat fitur rapi dan canggih sehingga dapat mengurangi biaya transfer data per megabit.
Pada tahun 2008 terdapat lebih dari 32 juta koneksi HSPA di dunia. Hal ini bertolak belakang dengan akhir kuartal pertama 2007 yang hanya berjumlah 3 juta. Pada tahun yang sama, sekitar 80 negara telah memiliki layanan HSPA dengan lebih dari 467.000 jenis perangkat HSPA yang tersedia di seluruh dunia, seperti perangkat bergerak, notebook, data card, wireless router, USB Modem.
Anda mau lihat yang Enjoy? Coba buka ini

HighSpeed Packet Access+ (HSPA+)

HSPA+ atau disebut juga Evolusi HSPA adalah teknologi standar pita lebar nirkabel yang akan hadir dengan kemampuan pengiriman data mencapai 42 Mbit/s untuk downlink dengan menggunakan modulasi 64QAM dan 11 Mbit/s untuk uplink dengan modulasi 16QAM.
Pengembangan lainnya pada HSPA+ adalah tambahan penggunaan antena Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk membantu peningkatan kecepatan data. HSPA+ memberikan pilihan berupa arsitektur all-IP (Internet Protocol) yang dapat mempercepat jaringan serta lebih murah dalam penyebaran dan pengendaliannya.
Sampai Agustus 2009, terdapat 12 jaringan HSPA+ di dunia dengan kecepatan downlink mencapai 21 Mbit/s. Pelopornya adalah Telstra di Australia pada akhir 2008. Sedangkan jaringan untuk kecepatan 28Mbit/s telah hadir untuk pertama kalinya di dunia dengan Italia sebagai negara perintisnya.

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)

HSDPA merupakan salah satu protokol yang memperbaiki proses downlink atau penurunan data dari server ke perangkat (unduh), dengan kecepatan mencapai 14,4 Mbit/s. Sedangkan proses uplink dalam teknologi HSDPA mencapai 384 kbit/s.
Dengan kecepatan tersebut, pengguna perangkat bergerak dapat menerima data yang berukuran besar seperti lampiran pada e-mail, presentasi dalam bentuk Power Point, atupun dapat membuka halaman Web.
Sebagai gambaran, jaringan HSDPA dengan kecepatan 3,6 Mbit/s dapat mengunduh data musik yang berukuran sekitar 3 Mb dalam waktu 8,3 detik dan data video yang berukuran 5 Mb dalam waktu 13,9 detik. HSDPA hadir sejak tahun 2006 di Eropa.
Untuk lebih jelasnya tentang HSDPA baik sejarah, kelebihan dan kekurangan HSDPA dapat mengunjungi di http://id.wikipedia.org

High-SpeedUplink Packet Access (HSUPA)

HSUPA merupakan salah satu protokol ponsel yang memperbaiki proses uplink atau penaikkan data dari perangkat ke server (unggah) yang mencapai 5,76 Mbit/s.
Dengan kecepatan ini, pengguna dapat lebih mudah mengunggah tulisan, gambar, maupun video ke blog pribadi ataupun situs seperti YouTube hanya dalam waktu beberapa detik saja. HSUPA juga dapat mempermudah melakukan video streaming dengan kualitas DVD, konferensi video, game real-time, e-mail, dan MMS.
Saat terjadi kegagalan dalam pengiriman data, HSUPA dapat melakukan pengiriman ulang. Tingkat kecepatan pengiriman juga dapat disesuaikan dengan keadaan ketika 
terjadi gangguan jaringan transmisi.HSUPA diluncurkan secara komersial pertama kali pada awal tahun 2007.
Untuk lebih jelasnya tentang HSDP baik sejarah, kelebihan dan kekurangan HSUPA dapat mengunjungi di http://id.wikipedia.org

Universal Mobile Telecommunications System (UMTS)

UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G (generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA yang distandarisasi oleh 3GPP.
Untuk membedakan UMTS dari teknologi 3G lainnya, UMTS seringkali dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan dasar 3G dari teknologi ini.

Evolution Data Optimized (EV-DO)

EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari “Evolution, Data Only” atau “Evolution, Data optimized”.
Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. adapun standart yang lainnya adalah W-CDMA.
Kelebihan EVDO dibandingkan CDMA biasa, tentu lebih mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru. di amerika EVDO dipakai oleh Verizon dan Sprint,di Korea Juga digunakan. Saat artikel ini dibuat EVDO tidak terlalu berpengaruh di pasar Eropa dan Sebagian besar Asia karena di Wilayah tersebut telah memilih 3G sebagai pilihan mereka. Namun Demikian di Indonesia telah ada beberapa operator yang memakai teknologi EVDO.
















 

Travian – Speed Server Travian Malaysia sudah di buka


Travian– Speed Server Travian Malaysia sudah di buka

Speed Server Travian Malaysia yaitu speed.travian.com.my – Travian versi T3.5 sudah dimulai pada hari senin bersamaan 27 Julai 2009 jam 00.01. Dengan bertambah ramainya pemain game strategi online travian yang pernah ane review sedikit di http://adf.ly/1od41 http:tono75.blogspot.com nah yang baru tau tentang game ini bisa di klik gambar di atas so langsung redirect ke situsnya n bisa di baca2 dulu tentang game n cara bermain game tersebut. So pasti mudah di mengerti … kalo ga ngerti bs di liat di forum ato bs nanya ke ane “TONO MARYONO”.
Tuk pemain baru silakan ikutin petunjuk awal yg di berikan oleh gambar di sebelah kanan dalam permainan, yg penting you daftar dulu trus ikutin deh petunjuknya pasti gampang n you ga bakal nyesel bermain game ini coz strategi n keahlian you di perlukan dalam mengatur game peperangan ini :D.
Daftarwww.speed.travian.com.my
Pesen awas kecanduan game travian ini

Jenis-jenis distro, kelebihan & kekurangan Linux

Jenis-jenis distro, kelebihan & kekurangan Linuxhttp://adf.ly/1oQad
http://adf.ly/1oQad 

Mengingat kemajuan dan perkembangan di dunia teknologi so ane msh milih Linux sebagai … ya intinya sebagai lanjutan dari Jenis-jenis distro, kelebihan & kekurangan Linux yg pernah di bahas so mau ngoprek2 dr awal ttg yg pernah ane bahas ato yg belum. Sbnernya ada beberapa distro linux yg memberi tutorial dr awal setup sampe konfigurasi sperti Suse & Ubuntu, hal itu karna komunitas yg cukup besar sehingga byk pengembang dan pamakai yg saling mengisi.
 Kali ini rencana ane mo bwt Server untuk sebuah perusahaan yang berguna sebagai router dan proxy n setelah itu berhasil ane akan bwt webserver n segala keperluan sebuah perusahaan di bdang jaringan internet. Ane mo pilih Centos 5.2 sebagai server… alasannya karna ane blom pernah nyoba distro itu :Dso ane perlu dukungan temen2 sekalian. Disini ane dah punya 2 temen yg sm2 blom pernah nyoba distro itu, ya biarpun blom di coba apa salahnya kl perencanaan ini ane tulis di blog ini.
Langkah awal ya tentu cari tutorialnya about Centos ini. liat web resmi dulu di http://www.centos.org n cari di http://id.wikipedia.org/wiki/CentOShttp://adf.ly/1oQad lalu dapet di http://ilmukomputer.org/2007/12/26/instalasi-centos-5-dari-dvd so baca2 dulu ya n nti lanjut lagi… sembari cari donwloadtan tuk DVD/CD installernya
Update 06042009 Akhirnya setelah installasi 3 kali coz ad bbrapa kali error n ga mau ad kesalahan sedikit pun ya mpe ulang 3 kali “yg install temen ane”. gr2 ane bongkar router n jaringan keseluruhan mpe begadang 2 hari. Setelah install Centos so langsung update Yum n bla bla … trus konfigurasi bla bla bla skg cmn baru sebatas bs route aj bwt client blom ada konfigurasi yg lainnya. so blom brani kasih tulisan apa2 disini :D